Sabtu, 20 April 2013

PENGERTIAN DAN CARA PROSES SHARING PRINTER


Pengertian sharing printer

Sharing Printer adalah menghubungkan beberapa PC ke suatu Printer yang bertujuan untuk mempermudah kinerja user. Fungsi dari sharing printer juga menghubungkan beberapa PC ke suatu printer. Sudah dulu ya penjelasan atau pengertian tentang cara sharing printer barusan. Tapi, panduan tentang Cara Sharing Printer baru aja dimulai. OK. Pertama, agar kita bisa sharing dan membaca data komputer lain adalah dengan mengkonfigurasi jaringan pada komputer kita dengan network setup wizard.caranya adalah sebagai berikut: Dari start kita pilih kontrol panel -> Network Connection Atau bisa juga Start -> Accessories -> Communication -> Network Connection. Setelah itu maka kita akan menuju halaman network connection. 
maka akan muncul seperti di bawah ini 






klik icon di bawah ini





lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini






Pada kolom network task pada sisi sebelah kanan kita klik “set up a home or small office network” Maka network setup wizard akan muncul, Klik next untuk melanjutkan. 





maka muncul pilihan: 






pilih Next, maka akan muncul tampilan seperti  ini



ketik format nama sesuka anda, di "network name", lalu next untuk melanjutkan. lalu klik "Turn on internet connection sharing"  seperti gambar di bawah ini.





lalu akan muncul gambar seperti di bawah ini 







setelah itu teman anda, bisa connect ke koneksi yang anda buat tadi sebelum anda share printer.


Proses Sharing Data : Proses Sharing Printer
 Pertama-tama , siapkan driver printer yang ingin di install terlebih dahulu. Lalu klik icon next seperti gambar di bawah ini.





kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini. pilih tempat area yang anda inginkan, lalu pilih next untuk melanjutkan.





lalu akan muncul gambar di bawah ini. kemudian selanjutnya pilih next




kemudian akan terinstall seperti di bawah ini.



selanjutnya tahap terakhir akan muncul gambar seperti gambar di bawah ini, lalu anda klik  icon "complete" maka driver install printer pun sudah complete untuk terinstall.








membuka fasiltas sharing printer pada komputer host, yang dimaksud dengan komputer host adalah komputer yang memiliki printer, kalau di rental atau warnet sering kali komputer host ini disebut sebagai server,printer yang dikomputer inilah nantinya akan dibagi-bagi dan bisa dipakai secara ramai-ramai dengan memanfaatkan fasilitas file dan printer sharing windows.namum ada baiknya kalau terlebih dahulu memastikan driver printer sudah terinstal dengan baik dan benar serta berjalan dengan baik.

berikut ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan sharing printer.
klik start windows lalu pilih "devices and printers" 



maka akan muncul gambar seperti ini, lalu klik printer yang telah di install tadi.





 selanjutnya klik kanan pada printer yang sudah terinstall tadi, pilih printer properties, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini 




kemudian  akn muncul gamabr seperti di bawah ini, lalu klik icon "sharing" 



lalu untuk mengakhiri dengan mengklik OK, printer pun siap untuk di sharing














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar